Wednesday, December 11, 2019

Ingin Selamat Saat Hamil? Pahami dua Sindrom yang Langka Berikut

Folamil Gold

Sebagai ibu yang tengah mengandung, Anda tentu ingin mendapatkan keselamatan pada diri sendiri dan janin dalam kandungan. Setiap orang tentu ingin memiliki bayi yang sehat, sempurna tanpa adanya cacat sedikitpun. Pemenuhan gizi dengan memahami pentingnya asupan kalsium selama kehamilan jadi hal yang penting karena sangat menentukan tumbuh kembang seorang anak. Padahal, disamping memahami manfaat DHA dan kecerdasan folamil gold, ibu hamil juga perlu berhati-hati dengan sindrom langka yang bisa menyerangnya dan sang janin. Berikut ini 2 sindrom yang dimaksud dan perlu diwaspadai. 

Twin Reversed Arterial Perfusion (TRAP Sequence)
Ada beberapa sindrom langka yang bisa terjadi pada ibu hamil, salah satunya adalah Twin Reversed Arterial Perfusion (TRAP Sequence). Sindrom TRAP terjadi pada bayi kembar khususnya pada area jantungnya. Saat seorang ibu mengalami sindrom ini, jantung pada bayi monokorionik akan memasok darah untuk bayi kembar tersebut di dalam kandungan. Kembar monokorionik merupakan kembar identik dengan kondisi berbagai placenta setelah lahir dan memiliki jaringan pembuluh darah yang berfungsi untuk memasok nutrisi penting dan oksigen saat berada dalam Rahim. Saat sindrom ini terjadi, maka risiko gagal jantung pada kedua bayi terutama jika terjadi peningkatan kerja jantung dalam memompa darah.

Sindrom Asherman
Kondisi langka yang jarang terjadi pada ibu hamil adalah sindrom Asherman. Meskipun merupakan sindrom langka, bukan berarti Anda boleh menyepelekan hal ini. Karena dalam beberapa kasus, sindrom Asherman bisa terjadi pada ibu yang pernah melakukan dilatasi atau kuretase. Sindrom ini juga bisa disebabkan oleh terjadinya infeksi yang parah pada area panggul sang ibu. Saat seorang calon ibu mengalami sindrom Asherman, maka dampak yang akan dirasakan adalah Amenore atau periode menstruasi yang kurang sebelum kehamilan, mengalami keguguran berulang kali, sampai yang paling parah yakni infertilitas. Segera lakukan konsultasi jika beberapa gejala diatas terjadi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Disamping dua sindrom diatas, ibu hamil juga perlu menerapkan pola hidup sehat selama kehamilannya. Membaca info kesehatan terbaru dari guesehat bisa menjadi pilihan yang tepat karena berasal dari sumber yang valid dan bisa terpercaya. 

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment